PENCAHAYAAN DENGAN VRAY FOR SKETCHUP BAGIAN 1
Dalam tutorial pertama saya akan menggunakan V - Ray 1.48.99 versi Beta
( V - Ray for SketchUp Versi 1.48 User Manual ) dan SketchUp versi 8.0.
Saya fokus pada IES, Spotlight, pencahayaan Rectagular dan Emissive.
Anda akan belajar bagaimana membuat bahan kap lampu realistis dan
bagaimana memposisikan Rectangular light untuk mencapai efek yang tepat
untuk warna Anda. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan model yang
sama yang saya gunakan dalam tutorial sebelumnya " Pencahayaan Interior
untuk Pemula " dan akan menambahkan komponen dan bahan-bahan untuk
mencapai efek yang diinginkan.
Berikut ini adalah screen shot dari interior tertentu yang saya akan gunakan.
Berikut ini adalah screen shot dari interior tertentu yang saya akan gunakan.
Basic SketchUp Interior
1. IES lIGHTING
Saya telah melakukan tutorial ini sebelumnya di SketchUpArtists. Satu-satunya perbedaan adalah bukan menggunakan Rectangular Light untuk mendapatkan sumber cahaya utama, bahkan saya hanya menggunakan Emissive Map sebagai sumber cahaya utamanya.
Emissive Map dan Ikon IES Light
Berikut adalah bahan yang saya gunakan untuk Emissive Map.
Setting untuk Material
Ini adalah Render pertama saya.
Render
2. Spotlight
Bersama dengan IES Light, Spotlight juga merupakan fitur baru pada V - Ray 1.48.66 dan juga diatasnya. Di tutorial ini, saya menempatkan Spotlight di 4 lampu tidur saya.
Bersama dengan IES Light, Spotlight juga merupakan fitur baru pada V - Ray 1.48.66 dan juga diatasnya. Di tutorial ini, saya menempatkan Spotlight di 4 lampu tidur saya.
4 lampu tidur terpasang
Image di bawah ini menunjukkan posisi ikon Spotlight. Saya juga
menggunakan Cahaya dari Emissive Map yang saya tempatkan di wadah lampu
(lihat gambar "Emissive Map dan Ikon IES Light ".
Memposisikan ikon Spotlight
Berikut adalah pengaturan untuk Spotlight saya. Bagi saya yang paling
penting adalah pengaturan Radius di Shadow yang mengontrol kelembutan
bayangan, Shadow Subdivs mengontrol kelembutan bayangan dan option yang
terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah Angle Penumbra. Dalam
gambar di bawah ini saya gunakan 0,3.
Spotlight Setting
Berikut ini rendering menggunakan Spotlight. Dalam rendering ini saya
menggunakan resolusi sangat rendah. Inilah alasannya mengapa terlihat
bercak dan pecahan berupa butiran di gambar. Hal ini dapat dikoreksi
dengan mudah dengan menggunakan Subdivisions dan samplings yang lebih
tinggi.
Render menggunakan Spotlight
3. Kap lampu
Berikut adalah kap lampu sederhana yang saya modelkan di SketchUp. Saya
akan menunjukkan pada Anda bagaimana menempatkan V- Ray Rectangular
Lightnya.
Kap Lampu dengan menggunakan Sketchup desain
Di sini saya menyembunyikan naungan lampu saya untuk menunjukkan bagaimana saya mengatur Rectangular lightnya. V - Ray Rectangular light 1 dan 2 berada setinggi naungannya. Keduanya berbahan dua sisi (Double sided), terlihat tetapi mereka tidak mengeluarkan bayangan. Salah satu yang melemparkan bayangan adalah V - Ray Rectangular light 3 (yang ketiga). Rectangular Light ini melemparkan bayangan, dua sisi tapi saya buat tidak terlihat.
Rectangular Lights
Berikut adalah pengaturan dari V - Ray Rectangular Light.
Pengaturan setting Vray Rectangular Lights 1 dan 2
Pengaturan setting Vray Rectangular Lights 3
Kap lampu Berbahan: Berbahan double sided (2 sisi) dengan campuran abu-abu sekitar 70 %.
Pengaturan setting Material Kap Lampu
Berikut adalah hasil renderingnya.
Rendering dengan Rectangular Lights
Terakhir, saya tambahkan beberapa komponen lagi
Scene SketchUp dengan Component tambahan
Ini hasil akhir renderingnya
Scene di malam hari
Saya juga mencoba untuk merendering scene yang sama, kali ini dengan GI dan BG Color diaktifkan/dicentang ( tanpa Mapping ).
Night Scene 2
Sumber : Tutorial Arsitek murah
Advertisement