-->

membangun rumah bungalow dari bahan konstruksi kayu

- Desember 03, 2010
advertise here
advertise here



Bangunan rumah bungalow ini didesain oleh Sebastien Verniers, sebuah bungalow yang dibuat dari konstruksi kayu pada sebagian besar bangunannya, dengan sedikit tambahan bangunan dari konstruksi beton dan bata ini tampak menarik dengan tekstur material alaminya. Konstruksi sederhana dan tepat guna memberikan nuansa tropis ditunjang oleh pemandangan alam sekitar. Arsitektur dengan bahan kayu makin jarang karena kayu semakin langka dan mahal, sehingga banyak material yang dibuat menjadi pengganti kayu seperti calciboard, atau komposit semen dengan finishing permukaan mirip kayu, sekaligus dengan kelebihan berupa tahan rayap dan tahan air.

Monday, November 29, 2010

Bangunan yang Iconic / Iconic Buildings

astudioarchitect.com Seringkali sebuah arsitektur bangunan dikatakan sebagai Icon dari sebuah kawasan, menjadi sebuah cara untuk mengungkapkan keberadaan sebuah bangunan yang memberi warna, pengaruh, serta kepentingan di sebuah kawasan. Sebagai contoh: Monas adalah Icon kota Jakarta. Patung Sura (hiu) dan Baya (buaya) adalah Icon kota Surabaya. Burj Dubai merupakan Icon kota Dubai. Icon adalah simbol dari sesuatu yang penting dalam memberi identitas sebuah kawasan, kota, bahkan sebuah negara. Sangat sering orang yang berjalan-jalan atau 'plesir' ke tempat atau kota tertentu akan mengunjungi bangunan, tempat, atau kawasan yang menjadi Icon dari sebuah kota, barangkali untuk menandai sebuah kunjungan agar lebih bermakna, ‘bahwa saya pernah ke kota tersebut’.

Desain bangunan oleh astudio architect.

Saturday, November 20, 2010

Mengatasi suhu panas tanpa AC dengan desain yang tepat

Desain karya Probo Hindarto, astudio.

astudioarchitect.com Melanjutkan ketertarikan saya pada
bangunan yang sejuk tanpa AC.
Sebagai orang yang tinggal di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, kita perlu memperhatikan desain bangunan yang selaras dengan iklim. Iklim berdampak sangat banyak untuk bangunan, terutama karena iklim tropis memiliki karakter-karakter khusus yang harus diperhatikan agar bangunan (misalnya rumah) menjadi nyaman. Tingkat kenyamanan berada dalam rumah dipengaruhi oleh berbagai hal seperti suhu, kelembaban, sinar matahari, dan sebagainya.

Thursday, November 11, 2010

Memahami Efek Rumah Kaca dan Hubungannya dengan Arsitektur

astudioarchitect.com Memahami mekanisme

Efek Rumah Kaca

dan hubungannya dengan arsitektur dan konstruksi bangunan bisa membuat kita makin jeli dalam mendesain bangunan. Efek rumah kaca merupakan efek yang ditimbulkan oleh gas yang berada di atmosfer, keberadaannya merupakan sesuatu yang positif dalam level normal, tapi menjadi negatif ketika ada gas-gas tertentu yang mengganggu keseimbangan. Efek rumah kaca diperlukan untuk mempertahankan suhu diatas kerak bumi atau di udara tempat kita hidup dalam ambang normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Bila gas tertentu makin banyak, maka suhu bumi akan meningkat. Sejak terjadinya revolusi industri, emisi gas yang berpengaruh pada efek rumah kaca menjadi makin tinggi.


Baca lebih lengkap: astudioarchitect.com http://astudioarchitect.com/#ixzz19te4wSJi
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search